SEKILAS INFO
: - Minggu, 09-08-2020
  • 6 bulan yang lalu / Masa KHS sudah mulai dan segera buka masa KRS, bagi mahasiswa yang belum cetak KHS segera hubungi admin dan segera lakukan Input KRS, sebelumnya jangan lupa Registrasikan dulu NIM mu ke Admin
  • 6 bulan yang lalu / Semua Mahasiswa silahkan download Kalender Akademik dan Jadwal Perkuliahan di menu Downlaod
  • 6 bulan yang lalu / Bagi mahsiswa yang belum punya akun atau lupa kata sandi segera hubungi admin ya…
MEMBUAT APLIKASI RUANG KERJA SUPER SEDERHANA dengan MS. EXCEL

Pernahkan anda mengalami kesulitan dalam mencari dokumen tertentu di computer? Atau kesulitan memulai pekerjaan administrasi apa saja yang harus lebih dulu anda lakukan pada saat-saat tertentu? Atau pusing melihat file-file di kompi anda? Menghambat pekerjaan anda bukan? kalo ya, mungkin anda berpikir bagaiman biar bisa lebih simpel dst…

Berikut ini sedikit tips optimasi dari fitur yang sudah tersedia di MS. EXCEL kesayangan anda. Mudah-mudahan dapat sedikit membantu anda dalam bekerja. Namun, ini adalah aplikasi yang suangat sederhana, sebenarnya juga tidak bisa disebut aplikasi. tapi daripada saya bingung namainnya gitu aja. buat anda yang tidak mendalami bahasa pemrograman.

Berdasarkan pengalaman sss selama bergelut di ruang administrasi, cara ini sangat membantu dan sangan memudahkan dalam bekerja. Mari……….!

  1. Buatlah sebuah folder di mana aja di kompi anda, exs; “Ruang TU
  2. Buka folder “Ruang Tu” yang baru anda buat dan masukkan semua file-file yang biasa anda kerjakan, atau buat file baru juga boleh. Jika anda mau lebih rapi, buat folder lagi di dalam folder “Ruang Tu” tadi gpp, itu selera anda. Di sini saya buat lagi folder “Perkuliahan”. Misal jadinya; 
  3. Buat File MS. EXCEL di dalam folder utama (“Ruang TU”) dan kasih nama misal “Kerjaanku”. Caranya; Klik kanan di dalam folder ->Klik New -> Klik Microsoft Office Excel Worksheet
  4. Buka file “kerjaanku” tadi dan buatlah alur sesuai kebutuhan anda. Missal saya buat begini…  Versi kecilnya ini biar jelas gambarnya …… 
  5. Setelah selesai dengan rancangan halaman antar muka seperti di atas, Klik pada salah satu point, misal saya Klik untuk RAPAT point 1. Undangan Rapat Awal Tahun
  6. Klik tab Insert kemudian klik menu Hyperlink yang terletak di sebelah kanan (lihat Gambar di atas). Maka akan Muncul gambar …………..  
  7. Pilih salah satu file di dalam folder Ruang TU yang sudah kita masukkan tadi, di sini saya pilih file asal aja, saya pilih file PEDOMAN EVALUASI DIRI. Namun dalam prakteknya anda harus memasukkan file yang sesuai dengan Pointnya. kalo Surat Undangan ya file nya juga Surat Undangan dst…
  8. kalo sudah dipilih file nya selanjutnya Klik OK, dan anda akan kembali ke halaman ms.Excel dan perhatikan. Point nomor 1. Undangan Rapat Awal Tahun berubah menjadi berwarna biru, artinya teks tersebut berisi link ke file tertentu yang berlokasi di folder yang kita buat tadi. 
  9. Begitu seterusnya, Selesai,
  10. Jangan lupa Sebelum menggunakan sebaiknya anda Copy dulu Folder Ruang TU agar ada Duplikasinya, nah yang anda pakai di tahun ini adalah folder duplikasinya. Tinggal di Rename aja Misal Ruang TU 2017, besoknya Ruang TU 2018 dan seterusnya.

Demikian Tips dari saya, semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar anda,,, berkomentarlah yang baik-baik. He2………!!!

Bagikan :

1 komentar

TINGGALKAN KOMENTAR

Data Kampus

STAI AS-SHIDDIQIYAH

NSPTI : 347446868

Jalan Lintas Timur KM.123
KEC. Lempuing Jaya
KAB. Ogan Komering Ilir
PROV. Sumatera Selatan
KODE POS 30652

Kalender Masehi

Agustus 2020
S S R K J S M
« Jul    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31