SEKILAS INFO
: - Senin, 27-09-2021
  • 1 tahun yang lalu / STAI Ash-Shiddiqiyah – Program Studi: 1) Manajemen Pendidikan Islam; 2) Hukum Ekonomi Syari’ah; 3) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; 4) Tadris Bahasa Inggris. “Salam Khidmat Untuk Umat”
  • 1 tahun yang lalu / Masa KHS sudah mulai dan segera buka masa KRS, bagi mahasiswa yang belum cetak KHS segera hubungi admin dan segera lakukan Input KRS, sebelumnya jangan lupa Registrasikan dulu NIM mu ke Admin
  • 1 tahun yang lalu / Semua Mahasiswa silahkan download Kalender Akademik dan Jadwal Perkuliahan di menu Downlaod
Pelatihan Menulis Series #2: Menulis Opini di Media Massa

Pelatihan menulis series #2 dengan tema “pelatihan menulis opini di media massa” diadakan pada Kamis 10 Desember 2020 (pertemuan kedua) oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan Kementrian Sumber Daya Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ash-Shiddiqiyah. Acara dimulai pukul 14.00 WIB, diikuti Mahasiswa dari seluruh prodi. Pada kesempatan kali ini, sesuai dengan tema, narasumber yakni Misbahul Munir memaparkan tentang bagaimana penulisan opini di media massa.

Sebelumnya peserta sudah diberi link yang berisi beberapa contoh tulisan opini yang dikirim melalui grup WhastApp guna membuka wawasan dan pemahaman seperti apa dan bagaimana contoh dari penulisan opini. Narasumber menjelaskan tentang dasar-dasar, teknik, dan gaya penulisan opini di media massa. “Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) opini adalah pendapat, pikiran atau pendirian” ucap beliau dalam penjelasannya.

Misbahul Munir mengatakan bagian yang tidak kalah penting dalam proses pembelajaran adalah kedisiplinan. “Tidak akan ada kesuksesan tanpa kedisiplinan”, ucap beliau disela-sela menjelaskan materi. Beliau juga menyarankan kepada seluruh mahasiswa agar dapat menguasai Bahasa Inggris, karena dalam penulisan opini tentu kita sering sekali menemui bahasa atau istilah asing.

Beliau menjelaskan melalui Power Point bahwa, “opini merupakan pendapat yang tajam, pedas dan keras, didukung oleh fakta-fakta yang tak dapat dibantah, membuat pemikiran Anda dipercaya dan diperhitungkan. Skema dasar penulisan opini salah satunya adalah argumentasi, mencangkup sudut pandang orang lain, fakta-fakta, data pendukung dan literatur atau studi pustaka. Selain itu, opini juga memiliki tiga struktur yaitu pembukaan, isi dan penutup”, beliau menjelaskan lebih lanjut.

Setelah mahasiswa mendapat materi dan penjelasan tersebut, Misbahul Munir memberikan sebuah Challenge. Seluruh peserta yang mengikuti pelatihan artikel pertemuan kedua diharuskan mengirim sebuah tulisan opini ke email Tribunsumsel@yahoo.com. Jika ada karya penulisan opini dari salah satu mahasiswa dapat dikonsumsi publik maka sesuai dengan yang dikatakan oleh Ketua STAI Ash-Shiddiqiyah Ustadz Dr. Agus Sholikhin, S.Si, M.Pd.I pada pertemuan pertama bahwasa akan memberikan apresiasi kepada penulis tersebut.

Akhir dari kegiatan Misbahul Munir berkata “Upah sesuai dengan upaya” artinya hasil sesuai dengan usahamu. Semoga Mahasiswa STAI-Ashiddiqiyah tetap semangat untuk berkarya dan berinovasi serta menerapkan disiplin ilmu dalam proses pembelajaran. Pelatihan tersebut ditutup dengan bacaan Hamdalah.

Ditulis Oleh Della Sari
Mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Iggris STAI Ash-Shiiddiqiyah
Disunting Oleh Misbahul Munir
Staff di STAI Ash-Shiddiqiyah

Bagikan :

TINGGALKAN KOMENTAR

Data Kampus

STAI AS-SHIDDIQIYAH

NSPTI : 347446868

Jalan Lintas Timur KM.123
KEC. Lempuing Jaya
KAB. Ogan Komering Ilir
PROV. Sumatera Selatan
KODE POS 30652

Kalender Masehi

September 2021
S S R K J S M
« Agu    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930