SEKILAS INFO
: - Minggu, 09-08-2020
  • 6 bulan yang lalu / Masa KHS sudah mulai dan segera buka masa KRS, bagi mahasiswa yang belum cetak KHS segera hubungi admin dan segera lakukan Input KRS, sebelumnya jangan lupa Registrasikan dulu NIM mu ke Admin
  • 6 bulan yang lalu / Semua Mahasiswa silahkan download Kalender Akademik dan Jadwal Perkuliahan di menu Downlaod
  • 6 bulan yang lalu / Bagi mahsiswa yang belum punya akun atau lupa kata sandi segera hubungi admin ya…

SEJARAH STAI AS-SHIDDIQIYAH

Sekolah Tinggi Agama Islam “As-Shiddiqiyah” merupakan lembaga pendidikan tinggi di bawah naungan Yayasan Pon. Pes. As-shiddiqiyah  yang mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

Rencana pendirian STAI “As-Shiddiqiyah” pada awalnya didasarkan pada adanya dorongan dari masyarakat terutama alumni Sekolah Menengah Atas atau madrasah yang sangat menginginkan untuk meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan disatu sisi memang belum adanya satupun Perguruan Tinggi Agama Islam di kabupaten OKI. Selain alasan eksternal tersebut juga terdapat alasan internal yaitu  panggilan tanggungjawab dari Yayasan Pon. Pes. As-Shiddiqiyah  yang secara lebih rinci dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Kebutuhan adanya tenaga yang profesional dalam bidang Menejemen Pendidikan Islam dalam rangka terwujudnya lembaga-lembaga pendidikan Islam yang bermutu dan profesional.
  2. Seiring dengan kemajuan di berbagai bidang kehidupan, semakin menguatlah kecenderungan dari para alumni Madrasah Aliyah “As-Shiddiqiyah” dan lulusan Madrasah Aliyah serta Sekolah Menengah Umum di sekitarnya untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke Perguruan Tinggi di kabupaten Ogan Komering Ilir.
  3. Memiliki lahan yang cukup luas ( 6.980 M2) sehingga sangat memungkinkan untuk pengembangan Perguruan Tinggi kedepan
  4. Belum adanya sama sekali PTAI di Kab. Ogan Komering Ilir sedangkan jumlah lembaga pendidikan mulai dari jenjang SD sampai dengan SLTA baik negeri maupun swasta mencapai 743 sekolah dan banyak diantaranya yang dibawah naungan yayasan Pondok Pesantren. Dengan demikian peluang kerja sebagai tenaga Pendidikan pada tiap satuan pendidikan di daerah OKi masih besar. Selain itu, jumlah SLTA di kab. OKI baik Negeri maupun Swasta sebanyak 52. Jumlah siswa tingkat SLTA negeri dan swasta sebanyak 16.178 siswa. Ke 52 SLTA tersebut menghasilkan lulusan rata-rata sebanyak 4.231 siswa/tahun. Dari jumlah tersebut diperkirakan 70% melanjutkan ke Perguruan Tinggi, yaitu sebesar 2.962 siswa.
  5. Mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah mulai dari tingkat desa, Kecamatan, Kabupaten, DPRD, KUA, Kementrerian Agama Kabupaten dan Wilayah.
  6. Mendapatkan dukungan, kesediaan mengajar dan bimbingan dari dosen-dosen IAIN Raden Fatah Palembang sebagai koordinasi Perguruan Tinggi Agama Islam yang bergelar S-3. (surat kontrak perjanjian mengajar terlampir).
  7. Adanya fakta masih dirasa sangat kurangnya jumlah sarjana yang profesional di bidang Pendidikan Islam untuk berperan aktif di lembaga-lembaga pendidikan Islam di kabupaten OKI utamanya dan disekitar lokasi pendirian pada khususnya.
  8. Adanya fakta bahwa belum adanya satupun Perguruan Tinggi Agama Islam di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Hal ini sangat menyulitkan para alumni SLTA yang ingin melanjutkan studi lebih lanjut terutama pada jurusan Menejemen Pendidikan Islam (MPI).
  9. Jumlah lulusan SLTA/MA yang setiap tahunnya mencapai 4000 siswa, yang diperkirakan 70 % melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi. Sedangkan Perguruan Tinggi Agama Islam di kabupaten OKI belum ada sama sekali. (Data riil terdapat di tabel)
  10. Adanya dukungan dari dewan pengasuh pesantren As-Shiddiqiyah yang merupakan basis utama sumber masukan calon mahasiswa serta didukung oleh aset-aset dan usaha – usaha lembaga yang dapat digunakan sebagai sumber finansial pelaksanaan operasional STAI As-Shiddiqiyah.
  11. Secara lebih prinsip lagi, terdapat keunggulan yang akan ditawarkan oleh STAI As-Shiddiqiyah, yaitu lulusan yang berkopenten di bidangnya, yang sekaligus dijiwai oleh nilai-nilai luhur yang berkembang di lingkungan pondok pesantren, yaitu keunggulan moral spiritual santri yang tumbuh dari pendidikan berbasis AKHLAQ AL-KARIMAH.
  12. Disamping itu, pendirian Perguruan Tinggi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) As-Shiddiqiyah Lempuing jaya, juga didasarkan atas hasil studi kelayakan yang telah dilakukan oleh yayasan Pon. Pes. As-Shiddiqiyah. Dari hasil studi kelayakan yang telah dilakukan, sangatlah relevan untuk didirikan Perguruan Tinggi dilingkungan Yayasan Pon. Pes. As-shiddiqiyah Lubuk Seberuk Lempuing Jaya OKI SUM-SEL
Bagikan :

Data Kampus

STAI AS-SHIDDIQIYAH

NSPTI : 347446868

Jalan Lintas Timur KM.123
KEC. Lempuing Jaya
KAB. Ogan Komering Ilir
PROV. Sumatera Selatan
KODE POS 30652

Kalender Masehi

Agustus 2020
S S R K J S M
« Jul    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31