SEKILAS INFO
: - Senin, 27-09-2021
  • 1 tahun yang lalu / STAI Ash-Shiddiqiyah – Program Studi: 1) Manajemen Pendidikan Islam; 2) Hukum Ekonomi Syari’ah; 3) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; 4) Tadris Bahasa Inggris. “Salam Khidmat Untuk Umat”
  • 1 tahun yang lalu / Masa KHS sudah mulai dan segera buka masa KRS, bagi mahasiswa yang belum cetak KHS segera hubungi admin dan segera lakukan Input KRS, sebelumnya jangan lupa Registrasikan dulu NIM mu ke Admin
  • 1 tahun yang lalu / Semua Mahasiswa silahkan download Kalender Akademik dan Jadwal Perkuliahan di menu Downlaod
Menulis Artikel itu Sangat Mudah

Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Kementrian Sumber Daya Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ash-Shiddiqiyah Lempuing Jaya OKI gelar pelatihan penulisan artikel, yang dilaksanakan di ruangan perpustakaan kampus pada Kamis pada tanggal 12 November 2020. Acara tersebut diikuti oleh mahasiswa dari berbagai jurusan yang ada di STAI Ash-Shiddiqiyah.

Acara yang pelatihan tersebut dibuka langsung oleh ketua  STAI Ash-Shiddiqiyah, Ustad Dr. Agus Sholikhin S.Si.,M.Pd.I. Dalam sambutanya beliau mengatakan, “ilmu adalah perhiasan dunia, tidak mengenal latar belakang  apa pun. Saat ini dunia tidak membutuhkan orang yang serba bisa, tapi membutuhkan orang yang cukup ahli dalam bidangnya”. Tentu saja sambutan dari beliau tersebut menambah semangat mahasiswa untuk lebih mendalami tatacara penulisan artikel dengan baik dan benar.

Kemudian dilanjutkan oleh pemateri yaitu Misbahul Munir M.E.K., yang merupakan dosen di Jurusan Ekonomi Syariah STAI Ash-Shiddiqiyah. Pada saat pemaparan materi, beliau mengatakan, “menulis artikel itu sangat mudah. Jadi, jangan difikirkan tetapi langsung dilakukan”. Untuk lebih menambah pemahaman mahasiswa bahwa menulis artikel itu sangat mudah, pemateri memberikan beberapa poin penting dalam materinya. Poin-poin penting tersebut diantaranya bagaimana membuat judul yang menggugah pembaca, kalimat yang efektif, hingga bagaimana memilih kata agar artikel enak dibaca.

Dalam pelaksanaan pelatihan penulisan artikel tersebut, ada beberapa tahapan seperti peliputan berita, penulisan berita dan peraktik penulisan artikel, kemudian evaluasi. Oleh karena itu, kita perlu melakukan beberapa tahap sebelum menulis agar dapat menciptakan karya yang berkualitas. Maka dari itu, kita harus memenuhi tahapan-tahapan tersebut.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Misbahul Munir M.E.K., “Get it right, write it right” (lakukan dengan benar, tulislah dengan baik). Kalimat tersebut adalah salah satu kunci menjadi penulis yang sukses.

Last but not least, menulis bukanlah sebuah kewajiban tetapi ketika seseorang ingin mengenal dan dikenal oleh dunia, maka menulislah. Sebagaimana yang dikatakan oleh Pramoedya Ananta Toerjika anda ingin mengenal dunia maka membacalah, dan jika anda ingin dikenal dunia maka menulislah”.

 

Ditulis Oleh Nur Asiah
Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah
Disunting oleh Misbahul Munir
Staff di STAI Ash-Shiddiqiyah

Bagikan :

TINGGALKAN KOMENTAR

Data Kampus

STAI AS-SHIDDIQIYAH

NSPTI : 347446868

Jalan Lintas Timur KM.123
KEC. Lempuing Jaya
KAB. Ogan Komering Ilir
PROV. Sumatera Selatan
KODE POS 30652

Kalender Masehi

September 2021
S S R K J S M
« Agu    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930